Ditlantas Polda Kalteng Turunkan Tim TAA untuk Olah TKP Kecelakaan di Jalan Lintas Palangka Raya – Sampit

Ditlantas Polda Kalteng Turunkan Tim TAA untuk  Olah TKP Kecelakaan di Jalan Lintas Palangka Raya – Sampit


Borneo Nusantara News - Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng melaksanakan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kecelakaan Lalu Lintas dengan menggunakan Traffic Accident Analysis (TAA), di Jalan Tjilik Riwut KM. 40 Desa Jemaras Kecamatan Cempaga Kabupaten Kota Waringin Timur (Kotim) Selasa (13/6/2023) pagi. 


Pasca kecelakaan maut tersebut satlantas polres kotim telah melakukan olah TKP awal. Kemudian beberapa jam kemudian tim TAA ditlantas polda kalteng juga membantu dalam penyelidikan tersebut.


Dirlantas Polda Kalteng AKBP R.S. Handoyo, S.I.K., M.Si. melalui Kasubdit Gakkum AKBP Andi Kirana, S.I.K., M.H menjelaskan pihaknya melaksanakan olah TKP menggunakan Traffic Accident Analysis dalam kecelakaan yang melibat tiga orang meninggal dunia. 


“TAA merupakan sebuah metode yang dapat digunakan untuk menjelaskan kejadian perkara laka lantas dengan cara merekam TKP, sehingga menghasilkan rekaman berupa foto atau video, yang dapat digunakan untuk merekonstruksi kejadian sebelum, sesaat dan setelah terjadinya laka lantas,” ungkap Andi 


Demikian ia menjelaskan kronologis singkat kejadian awal menurut hasil olah tkp sementara Truk dump mitsubishi warna kuning No.Pol. : KH 8080 FE melaju dari arah tjilik riwut menuju arah sampit, sesampaianya di tkp truk dump tersebut menghindari mobil di depannya yang ingin belok kekanan masuk ke SPBU desa jemaras dengan membanting stir ke kanan namun pada saat bersamaan dari arah berlawanan melaju mobil avanza warna hitam No.Pol. : KH 1130 RC mengakibatkan bagian depan sebelah kanan truk dump tersebut membentur bagian pintu belakang samping sebelah kanan mobil avanza hingga menyebab ban belakang sebelah kanan pecah, dan oleng hingga hilang kendali dan menabrak truk tangki mitsubishi warna kuning No.Pol. : KH 9312 FD bagian depan sebelah kiri, kemudian mobil avansa terseret/terdorong ke bahu jalan sebelah kiri arah palangka menuju sampit.


“Akibat dari kecelakaan tersebut tiga orang meninggal dunia di TKP dan tiga orang mengalami luka ringan, selanjutnya korban dibawa ke puskesmas terdekat guna mendapatkan penanganan medis,” jelasnya 


Lebih lanjut ia menjelaskan untuk hasil TAA belum bisa rilis hari ini karena masih diolah oleh Tim TAA Subdit Gakkum ditlantas polda kalteng bersama satlantas polres kotim. 


“Proses analisa akan tetap dilanjutkan setelah analisa terjawab dan secepatnya, akan dilakukan gelar perkara lakalantas tersebut sebagai tindak lanjut dan memberikan proses kepastian hukum atas kejadian tersebut,” tutupnya (Mirhan)

Related

berita kalteng 3525484060242514334

Opini Coach Addie

Hakikat Rasa Sakit

Keputusan yang bijak adalah mengasah kebijaksanaan dalam menghadapi setiap lelah, rasa sakit, gelisah, kesedihan, luka lara, patah hati, dan...


Banyak Dibaca

item